YouTube Pak Jokowi dan Ahok, Lebih Asyik yang Mana ya?

30 January 2019 by
YouTube Pak Jokowi dan Ahok, Lebih Asyik yang Mana ya?
(YouTube Presiden Joko Widodo)
Uzone.id — Hari gini, yang main media sosial bukan cuma kita-kita, tapi juga tokoh politik ternama. Nggak usah jauh-jauh, presiden kita aja aktif banget di medsos.
 
Joko Widodo sebagai presiden Indonesia ke-7 selama ini dikenal punya akun medsos lengkap. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, sampai channel YouTube. Jadi kalau ada yang tanya, “presiden lo YouTuber, ya?” Kita bisa dengan pede menjawab, “iye!
 
Selain Pak Jokowi yang semakin sering ngevlog, ada YouTuber baru yang belakangan heboh.
 
Yaelah, bukan si tukang grebek yang namanya mirip sama wahana di Dufan, bukan. Siapa lagi kalau bukan Ahok, alias Basuki Tjahaja Purnama (BTP).
 
Ngomong-ngomong, lucu ya... dulu kayaknya kalau nulis tentang Ahok, pasti selalu didahului dengan nama aslinya terlebih dahulu, baru diberi penjelasan kalau dia lebih akrab disapa “Ahok”. Tapi sekarang, sejak dia bebas dari jeruji penjara Mako Brimob, Kelapa Dua, Ahok secara jelas ingin dipanggil “BTP”, singkatan dari nama panjangnya. 
 
Yup, Ahok sudah punya channel YouTube dengan nama akun Panggil Saya BTP. Sebelum channel ini mengunggah video, subscriber-nya udah buanyak banget. 
 
Channel Pak Jokowi yang telah berisi berbagai video itu sudah punya sekitar 700 ribuan subscriber. Wajar gitu ya, namanya juga presiden.
 
Yang lebih mencengangkan, channel Panggil Saya BTP mengalahkan subscriber Pak Jokowi! Jumlahnya sudah mencapai 800 ribuan subscribergaes. Padahal, video yang diunggah baru satu. 
 
Coba kita bandingkan sejenak.
 
Kualitas video
 
Channel Presiden Joko Widodo:
Dikemas secara profesional. Kualitas gambar jernih, tajam, bagus, dan ada tone khasnya. Meski yang ngedit bukan Jokowi melainkan tim medsos Istana, hal ini tentu lumrah. Mosok akun presiden gambarnya blur, goyang, dan suara mendem. 
Pasti gadgetnya kamera pro, kadang juga pakai smartphone kalau Jokowi lagi vlog, dan pastinya drone.
 
Channel Panggil Saya BTP:
Hasilnya agak gelap (entah karena memang lebih bagus kamera Pak Jokowi atau karena direkam di dalam mobil), nggak terlalu jernih gambarnya, namun suara tetap jelas terdengar meski harus meningkatkan volume.
 
 
Konten
 
Channel Presiden Joko Widodo:
Yah, namanya juga presiden... pasti nggak jauh-jauh dari kegiatannya di berbagai kota, menyoroti suatu kondisi seperti kehidupan nelayan, dan pamer hasil kerja. Bagusnya, tetap ada kesan personal karena Pak Jokowi sering ngevlog.
 
 
Channel Panggil Saya BTP:
Baru satu video, sih... di video yang berjudul “Pulang” itu sudah jelas menceritakan perjalanan Ahok yang baru bebas dari penjara. Dia menikmati jalanan di dalam mobil bersama anak sulungnya, Nicho Sean. Isinya perbincangan antara anak dan bapak sampai Ahok tiba di rumah barunya. Sejauh ini sih, lebih personal konten Ahok.
 
Personality
 
Channel Presiden Joko Widodo:
Kalau nontonin video-video channel ini, sudah pasti merasa kalau personality yang ingin disampaikan adalah “presiden kekinian”.
Nggak cuma pamer hasil kerja, kadang ada juga pencitraan dari kehidupan pribadi Jokowi, seperti mengajak olahraga cucunya, Jan Ethes. Tampak Jokowi juga ingin lebih dekat dengan netizen dengan berbagi hal-hal yang sifatnya non-politik. Tapi, cara ngomongnya tentu masih ala Pak Jokowi, yakni kurang luwes dan masih kaku hi-hi-hi.
 
 
 
Channel Panggil Saya BTP:
Melihat dari video perdananya, tampaknya channel ini bakal diisi lebih banyak kegiatan Ahok dan pemikiran-pemikirannya. Kita belum tahu Ahok akan melakukan apa ke depannya, apakah terjun lagi ke politik atau buka usaha atau fokus jadi YouTuber, namun cara Ahok tampil di depan kamera tampak real dan nggak dibuat-buat.
Dibandingkan dengan Pak Jokowi yang kadang masih terbata-bata, cara ngomong Ahok super lancar!
 
Jadi, menurut kalian lebih asyik yang mana, nih? Sudah lihat video yang mana aja?
 
Yang mana pun favorit kalian, kedua tokoh ini begitu beruntung dapat memanfaatkan teknologi dan tren digital semaksimal mungkin. Selain untuk pencitraan dalam konteks positif, tentu bisa menjangkau target audiens lebih luas lagi.

Apa Reaksi Anda ?

Love
78%

Suka

Laugh
11%

Lucu

Surprised
11%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

5026 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
antonpuji priyanto 14 June 2019 | 13:21:57

gw rasa sama sama asyiknya ya

anton ganteng 12 June 2019 | 13:31:36

gw belum melihat sih channel youtube mereka

Muis 28 11 June 2019 | 07:54:23

wah eksis lagi nih pak jokowi yaa mantao fah

jarcoks skr 08 June 2019 | 14:31:12

dua dua nya sangat ok. mereka berdua sangat legenda

Reana Surya 24 May 2019 | 10:05:49

yah you tube pak jokowi lebih asyik

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top