home ×
Technology

Begini Cara Mengubah iPhone Menjadi Ponsel Rasa Google

20 October 2019 By
Begini Cara Mengubah iPhone Menjadi Ponsel Rasa Google
Suara

Ada beberapa alasan mengapa pengguna iPhone mungkin ingin mengubah perangkatnya menjadi seperti ponsel Android yang berisikan berbagai aplikasi dan layanan Google. Misalnya, pengguna mungkin sangat menyukai perangkat keras, kecepatan, dan kekuatan iPhone tetapi data-data yang terhubung lebih banyak terikat dengan aplikasi dan layanan Google.

Dilansir laman Android Pit, berikut cara mengubah iPhone menjadi ponsel rasa Google:

1. Unduh aplikasi Google yang diperlukan

Pengguna dapat mengunduh aplikasi Google yang diperlukan untuk mengganti aplikasi yang disediakan Apple. Hampir setiap aplikasi pra-instal di iOS dapat diganti dengan alternatif Google, seperti Safari dengan Chrome, Facetime dengan Duo, Mail dengan Gmail, Music dengan YouTube Music, Weather dengan Google, Notes dengan Keep, Books dengan Play Books, TVS dengan Play Movies, Files dengan Drive, dan masih banyak lagi.

2. Mengubah aplikasi default di iOS

Sayangnya, pengguna tidak mungkin bisa untuk mengubah aplikasi default di iOS. Jika pengguna mengklik tautan, Safari akan terbuka secara otomatis. Namun, aplikasi Google memiliki ekosistem kecil mereka sendiri di iOS.

Faktanya, pengguna dapat memastikan bahwa mengklik tautan di Gmail akan terbuka Chrome. Caranya, buka Gmail dan pilih Pengaturan. Lalu buka item Aplikasi Default dan pilih aplikasi favorit yang dapat mengakses tautan tersebut.

3. Mengganti keyboard dengan Gboard

Dalam ajang WWDC 2019, Apple mengumumkan iOS 13 dan pembaruan lain tentang sistem operasinya. Salah satunya adalah pembaruan keyboard default yang sekarang mendukung input teks dengan menggesek berbagai tombol dengan jari tanpa harus menyentuh setiap huruf.

Menariknya, Gboard juga mendukung metode inpit tersebut di iOS sehingga jika pengguna ingin, pengguna juga bisa mengganti keyboard Apple dengan Gboard. Pengguna dapat membuka App Store > cari Gboard dan unduh aplikasi. Buka Pengaturan > Umum > Papan Ketik > Papan Ketik > pilih Tambah Keyboard lalu pilih Gboard.

Ilustrasi logo Gboard, keyboard virtual dari Google. [Shutterstock]
Ilustrasi logo Gboard, keyboard virtual dari Google. [Shutterstock]

4. Gunakan Google Assistant

Pengguna dapat mengganti Siri dengan Google Assistant melalui Shortcuts. Pengguna cukup unduh aplikasi Google Assistant dari App Store, lalu buka aplikasi dan tambahkan pintasan ini ke Siri.

5. Hapus aplikasi Apple yang tidak diperlukan

Pengguna Apple dapat menghapus sebagian besar aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya. Tidak seperti kebanyakan produsen smartphone Android, Apple tidak mewajibkan pengguna menyimpan semua aplikasi mereka di ponsel.

 

Berita Terkait:

56 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Amang Bejo 24 October 2019 | 00:43:43

aplikasi google memiliki ekosistem kecil mereka sendiri di IOS

Encep Aunilah 22 October 2019 | 03:53:04

aplikasi Google memiliki ekosistem kecil mereka sendiri di iOS.

Toni Setiawan 21 October 2019 | 19:44:59

informasi yang sangat bagus sekali

꧁༒Hunter༒꧂, 21 October 2019 | 19:04:42

mantep nihh info nyaa

Miskin aman 21 October 2019 | 13:09:46

padahal menurut saya lebih bagus gunakan yang iphone saja

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article