home ×
Entertainment

Meski Nonmuslim, 8 Artis Ini Pernah Ikut Jalankan Puasa Ramadhan

17 May 2019 By
Meski Nonmuslim, 8 Artis Ini Pernah Ikut Jalankan Puasa Ramadhan
Keepo.me

Puasa Ramadhan merupakan sebuah ibadah yang wajib dijalankan oleh umat Islam setiap tahunnya. Puasa tersebut dilaksanakan mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari selama sebulan lamanya. Selain menahan haus dan lapar, pemeluk Islam juga harus menahan diri dari segala hawa nafsu.

Tidak hanya umat Islam, ternyata ada juga nonmuslim yang pernah mencoba melaksanakan ibadah puasa. Bukan untuk beribadah, mereka melakukannya sebagai bentuk toleransi terhadap saudara maupun teman-teman mereka yang muslim. Selain itu, ada juga yang melakukannya dengan tujuan kesehatan.

Itulah yang dilakukan oleh sejumlah artis berikut ini. Mereka ikut menjalankan puasa meskipun bukan seorang muslim. Gara-gara tak terbiasa, ada yang hanya sanggup berpuasa setengah hari!

Olivia Jensen

olivia jensen 2
www.instagram.com

Olivia Jensen Lubis memang bukan seorang muslimah. Namun, dirinya pernah mencoba ikut berpuasa di bulan Ramadhan karena toleransi terhadap temannya seperti yang ditulis detik.com (17/08/2011) silam.

Ia pernah mencoba menahan lapar dan haus layaknya orang berpuasa Ramadhan. Namun, karena tidak kuat ia hanya mampu melaksanakannya sampai pukul 12.00 saja.

Donnie Sibarani

donnie adaband
www.instagram.com

Mantan vokalis Ada Band, Donnie Sibarani, mengaku sering ikut berpuasa. Tentu saja tujuannya bukan untuk ibadah melainkan kebugaran tubuhnya. Donnie berpuasa menahan lapar untuk diet menurunkan bobot tubuhnya.

 

Haruka eks-JKT48

haruka jkt48
www.instagram.com

Berkarier di Indonesia membuat Haruka eks-JKT48 banyak bergaul dengan teman-teman muslim. Perempuan asal Jepang ini pun pernah ikut menjalankan puasa.

Pada Ramadhan 2015 lalu, Haruka mengaku sampai ikut sahur agar bisa berpuasa seharian penuh. Selain sebagai bentuk toleransi, ia berpuasa untuk menjaga kesehatannya.

Betrand Antolin

betrand antolin
www.instagram.com

Betrand adalan nonmuslim tetapi karena mayoritas temannya adalah orang islam ia seringkali harus ikut berpuasa. Selain itu di lingkungan kerjalanya pun kebanyakan muslim. Karena tidak enak makan siang di lokasi syuting sementara yang lain tidak, jadilah Betrand ikut berpuasa.

Angel Pieters

angel pieters
www.instagram.com

Penyanyi jebolan Indonesian Idol ini ikut berpuasa karena banyak teman dan keluarganya yang muslim. Berbeda dengan puasa dalam Islam, Angel masih makan di pagi hari. Lalu, ia akan menahan lapar seharian dan baru makan lagi pukul enam sore beebarengan dengan orang-orang berbuka puasa.

Tina Toon

tina toon
www.instagram.com

Demi menghargai temannya, mantan artis cilik Tina Toon juga tak segan mengikuti berpuasa. Ia tidak akan makan dan minum di depan teman muslimnya yang sedang puasa. Ia pun sangat senang dengan suasana Ramadhan. Apalagi ia hobi ngabuburit dan sangat menyukai kolak yang biasa dijual di pinggir kalan sebagai takjil.

Brisia Jodie

Brisia Jodie
www.instagram.com

Brisia Jodie pun punya pengalaman berpuasa demi toleransi. Bedanya, Bianca Jodie ikut berpuasa untuk menemani mantan kekasihnya yang muslim. Meski ikut berpuasa, Jodie menegaskan tidak ikut merayakan Ramadhan secara keagamaan.

Ruben Onsu

ruben onsu
www.instagram.com

Sudah puluhan tahun Ruben Onsu bekerja bersama para selebritis yang beragama Islam. Ia merasa risih bila harus makan di depan rekannya yang berpuasa di bulan Ramadhan. Jadilah suami Sarwendah itu tidak jarang ikut berpuasa demi menghormati temannya.

Rupanya cukup banyak artis nonmuslim yang ikut menjalankan puasa di bulan Ramadhan. Meski dengan alasan yang berbeda-beda, mereka melakukannya dengan tujuan menghormati umat Islam yang berpuasa. Indahnya toleransi!

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

537 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Miskin aman 24 January 2020 | 05:17:42

di kirain runen agamanya islam ternyata kristen

pejuang 26 October 2019 | 00:59:56

mungkin puasa malaikat hanya untuk menghormati umat Islam

Satria Kelana 15 October 2019 | 02:04:05

tidak masalah ya kalau mereka jalan ibadah puasa

Danu Setiawan 07 October 2019 | 01:36:23

indah kalo hidup penuh dengan toleransi rasanya tentram dan damai

Wijanarko 06 October 2019 | 06:56:23

banyak alasan yang melatarbelakangi mereka ijutan

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article