KPI Tegur Program 'Siraman Qalbu' karena Berbau Mistis

21 February 2019 by
KPI Tegur Program 'Siraman Qalbu' karena Berbau Mistis

Uzone.id - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) telah mengirim surat 'cinta' alias teguran buat MNC TV karena program 'Siraman Qolbu' tidak sesuai dengan aturan.

KPI menilai, program siaran dengan klasifikasi R harus mengurangi unsur mistik seperti "kesurupan dan komunikasi dengan arwah atau makhluk ghaib".

Komisioner KPI Pusat, Nuning Rodiyah mengatakan, program siraman qolbu yang bernuansa dakwah dan religi seharusnya ceramah menjadi muatan utama.

Dalam program ini, muatan ceramah tidak lebih dari 10 persen dari total durasi. Dan selebihnya adalah praktek pengobatan yang cenderung menampilkan adegan kesurupan dari jamaah atau partisipan.

 

Baca juga: Vanessa Angel Dipenjara, Pacar Dugem Sama Anya Geraldine

 

“Menurut pendapat saya, dakwah yang berarti mengajak itu harusnya memberi informasi pada pemirsa ke jalan yang lebih baik dengan materi ajaran-ajaran agama berupa aqidah, syariah dan syirah nabi dan bukan semata-mata mengeksploitasi kesurupan dan komunikasi dengan arwah. Mendoakan kesembuhan itu baik, tapi jangan sampai jamaah yang menjadi partisipan dihadirkan di layar kaca dalam kondisi tidak sadar yang akan berpotensi mengucapkan sesuatu di luar kesadaran partisipan atau narasumber. Ya kalau ngomongnya bener, kalau sampai keluar kata-kata yang tidak pantas atau kasar akan mengurangi makna dari hadirnya program religi. Secara keseluruhan yang hampir satu jam, siarannya lebih banyak tentang pengobatan alternatif,” kata Nuning dalam rilis yang dimuat di situs resmi KPI.

Menurut Nuning, KPI telah mengeluarkan surat edaran No 481 tahun 2018 yang melarang program faktual dengan klasifikasi R dan SU menayangkan adegan komunikasi dengan arwah atau dunia ghaib, dan adegan kesurupan atau kerasukan.

 

Baca juga: Baru Sebulan Pacaran, kok Jennie Blackpink dan Kai EXO Putus?

 

“Pihak MNC secara teknis telah berupaya menyamarkan visualisasi kesurupan dan hal tersebut kami apresiasi. Namun secara substansi, kami menilai program ini belum berubah dan masih dominan menayangkan kesurupan. Kami minta durasi tausiyah lebih diperpanjang,” pinta Nuning.

Komisioner KPI Pusat, Dewi Setyarini menambahkan, MNC TV harus mengidentifikasi segmentasi acara ini agar jelas. Menurutnya, acara yang tayang pagi hari ini banyak mendapatkan pengaduan dari masyarakat yang mengeluhkan substansinya.

"Ini jadi catatan kami. Kami harap MNC segera melakukan perbaikan atas tayangan ini,” tandasnya.

Sementara itu, pihak MNC menyatakan hasil masukan dari KPI akan segera dibahas secara internal untuk perbaikan terhadap konten program siaran 'Siraman Qolbu'.

“Kami berupaya tetap mengedepankan nilai-nilai Islam dan bertujuan meningkatkan aqidah melalui acara ini,” katanya.

Kegiatan klarifikasi ini juga dihadiri Komisioner KPI Pusat, Mayong Suryo Laksono dan Hardly Stefano serta tim ahli isi siaran KPI Pusat.

Apa Reaksi Anda ?

Love
60%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
20%

Kaget

Sad
20%

Sedih

Angry
0%

Marah

2450 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Muhammad Rizki 20 May 2019 | 16:33:32

Siraman kalbu itu hanya deringan belaka bahaya

Alfaridzi Aziz 20 May 2019 | 04:51:26

harus ditegasi acara yg gak bermanfaat

Ahmad Habibi 19 May 2019 | 23:06:43

semoga gak ada kejadian yang membahayakan ya

Kania Novianti 19 May 2019 | 07:28:00

waktu pertama ngeliat juga makannya ko subuh subuh ada yg kesurupan

MoonRunners 01 May 2019 | 12:31:32

Haaa makin aneh nih KPI masak berbau mistis aneh

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top