Jalan Dewi Sartika jadi Dewi Persik, Kota Bekasi Memprotes Google

07 August 2017 by
Jalan Dewi Sartika jadi Dewi Persik, Kota Bekasi Memprotes Google

Pemerintah Kota Bekasi melayangkan surat protes atas berubahnya nama Jalan Dewi Sartika menjadi Jalan Dewi Persik, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, di Google Maps kepada perusahaan penyedia aplikasi Google, Inc.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Bekasi, Titi Masrifahati, mengatakan meski telah melayangkan keberatan, pihak berwenang dalam penyediaan aplikasi tersebut belum memberikan respon. "Belum ada tanggapan, padahal kami secara serentak melayangkan keberatan," kata Titi, Senin, 7 Agustus 2017.

 

Baca: Jalan Dewi Sartika Bekasi Berubah Jadi Dewi Persik di Google Maps

Titi mengakui sejak Ahad pihaknya sudah mendapatkan laporan dari masyarakat. Laporan dari masyarakat tersebut dilampirkan sebagai bukti protes kepada perusahaan multinasional asal Amerika Serikat.

"Saya tidak tahu motif perubahan nama tersebut," kata Titi. Menurut Titi, perubahan nama jalan tidak bisa diterima begitu saja, meski secara tidak sengaja. Alasannya, nama jalan tersebut menggunakan nama pahlawan nasional dan menyangkut integeritas kota.

Apalagi, ujar Titi, perubahan menjadi nama seorang artis dangdut. "Kalau salah penulisan biasanya hanya beda satu atau dua huruf," kata Titi.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana, mengatakan pihaknya akan melakukan koordinasi dengan intansi terkait, serta pakar informasi teknologi. "Setelah koordinasi akan kami tentukan langkah selanjutnya," kata Yayan.

Berdasarkan pengamatan Tempo, hingga Senin, 7 Agustus 2017 pukul 14.30, nama jalan pada Google Maps masih tercantum Dewi Persik. Bahkan, ketika diketik Dewi Sartika, yang muncul juga Dewi Persik.

 

Baca juga: Ada Jalan Dewi Persik di Google Maps, Pemkot Bekasi Protes

Perubahan nama di aplikasi tersebut pertama kali diketahui oleh seorang pengguna aplikasi ojek online, Eko Prasetyo, Ahad siang. Dia mencari nama Jalan Dewi Sartika tidak bisa menemukan, yang ada malah Dewi Persik.

 

ADI WARSONO

Berita Terkait:

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

668 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Lingga Seasfourjiel 10 June 2019 | 09:48:38

parah juga ya pertikaian mereka ini

Rara Lisyanty 10 June 2019 | 00:01:44

parah juga yah pertikaian mereka ini

Deni Muhajir 09 June 2019 | 16:42:11

kok bisa berubah gitu ada apa ini sebenarnya sih

Darmat 15 09 June 2019 | 12:12:46

wah kenapa bisa berubah kayak gitu mungkin googlenya lagi error

Tak berTitid 09 June 2019 | 10:06:48

kok bisa namanya berubah gt gimana ceritanya sih wah bakalan ramai nih bernama dewi ya wah ternyata mbah google suka dangdutan

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top