Facebook Bikin Asisten Digital Pesaing Siri dan Alexa, Buat Apaan ya?

18 April 2019 by
Facebook Bikin Asisten Digital Pesaing Siri dan Alexa, Buat Apaan ya?

(Logo Facebook)

Uzone.id -- Perusahaan teknologi Facebook sedang mengembangkan asisten digital yang bisa menyaingi layanan sejenis seperti Siri dari Apple, Assistant milik Google, dan Alexa milik Amazon. Kira-kira buat apa, ya?

Pengembangan asisten digital Facebook ini disebut telah dilakukan sejak awal tahun 2018 oleh divisi augmented reality (AR) dan virtual reality (VR), tim yang selama ini mengembangkan perangkat headset VR Oculus.

Dipimpin oleh Ira Snyder selaku direktur AR/VR dan Facebook Assistant, tim ini telah bekerja sama dengan berbagai vendor, salah satu rantai pemasok speaker pintar.

Baca juga: Messenger Bakal Nyatu Lagi di dalam Facebook

Mengutip CNBC, masih belum jelas apa tujuan Facebook membuat asisten digital ini. Namun, banyak yang memprediksi, potensi asisten digital Facebook bisa saja perangkat video call bernama Portal, headset VR Oculus, hingga proyek lain.

Jika Facebook serius dalam menggarap layanan asisten digital, tentu perusahaan besutan Mark Zuckerberg gini akan menghadapi kompetisi sengit. Amazon dan Google sama-sama sudah memimpin pasar asisten digital.

Berdasarkan laporan eMarketer, Amazon memiliki pangsa pasar sebesar 67 persen, sementara Google berada di angka 30 persen. Keduanya berkuasa di pangsa pasar Amerika Serikat per 2018.

Baca juga: Dasar Facebook, Bisanya Cuma Minta Maaf Layanannya Tumbang

Sekadar diketahui, Facebook sempat merilis asisten AI untuk aplikasi Messenger yang diberi nama M pada 2015. awalnya, tujuannya untuk membantu pengguna memberi informasi berguna, namun asisten digital M ini dinilai “kurang pintar” karena tetap membutuhkan bantuan manusia dan gak pernah betul-betul digunakan. Facebook pun mematikan M tahun lalu.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

228 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Mas Bejo 08 May 2019 | 11:58:20

ya bagus dong kalau punya asisten sendiri

stone 04 May 2019 | 16:29:08

sangat luarbiasa.. terimakasih bro Mark

Aditya Miko 03 May 2019 | 14:25:58

facebook fiturnya mkin keren

Firman Leo 02 May 2019 | 21:49:26

perusahaan teknoloholi facebook yang

irfan97 02 May 2019 | 08:14:48

ayo kenapa bikin begituan buat saingannya

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top