Cerita Zaskia Sungkar Usai Jalani Operasi Endometriosis dan Fibroid

30 November 2017 by
Cerita Zaskia Sungkar Usai Jalani Operasi Endometriosis dan Fibroid

Baru-baru ini Zaskia Sungkar menjalani operasi di sebuah rumah sakit di Kuala Lumpur, Malaysia. Mengenai itu, Zaskia pun angkat bicara ketika ditemui di Rumah Maroko, Jakarta Pusat, Kamis (30/11). 

Zaskia berkisah bahwa operasi tersebut sesungguhnya tak direncanakan. Saat itu, ia pergi ke Malaysia bersama suaminya, Irwansyah, dengan tujuan hendak berjalan-jalan sekaligus bertemu sang sahabat, Laudya Cynthia Bella. 

Ketika berada di sana, Zaskia mengunjungi pula seorang dokter kandungan yang cukup terkenal. Namun, tujuannya bukan terkait program kehamilan, melainkan hanya untuk pengecekan lantaran ia kerap merasakan sakit setiap menstruasi. 

Saat itulah, dalam tubuh Zaskia diketahui ada endometriosis dan fibroid. Dokter pun menyarankan agar Zaskia menjalani operasi. 

"Memang iseng doang mau ngecek aja. Terus, tiba-tiba ketahuan aja ada endometriosis dan fibroid itu yang menurut dokternya lebih baik dikeluarkan. Kalau fibroid itu ketahuannya malah pas lagi dioperasi," aku Zaskia. 

"Kenapa aku pengin ngecek, bukannya aku pengin niatin mau program, cuma aku merasa setiap aku lagi datang bulan sakitnya luar biasa. Waktu (periksa) di sini (Jakarta), enggak ketahuan. Nah, pas di sana ketahuan. Ya sudah, mau enggak mau dioperasi supaya abis itu enggak sakit lagi," lanjutnya. 

Endometriosis merupakan suatu kelainan pada jaringan rahim (endometrium) yang berada di luar dari rahim. Sementara Fibroid adalah tumor jinak yang tumbuh di dalam rahim.

Namun menurut Zaskia, dokter kandungannya itu turut melakukan perbaikan saat melakukan operasi. Hal itu agar peluang Zaskia untuk hamil di kemudian hari dapat lebih besar. 

"Karena memang dokter ini adalah dokter kandungan, dia menyarankan untuk ada sedikit yang diperbaiki, makanya ada open surgery-nya ini. Kalau misalnya nanti ada niatan untuk program, ya Insya Allah, kesempatan untuk bisa hamilnya lebih besar," ucapnya. 

Operasi tersebut pun terbilang mendadak, lantaran dokter yang menangani Zaskia hanya memiliki waktu pada keesokan harinya.

"Benar-benar enggak prepare. Tiket pulang aku hangus, baju pun habis, sampai bella yang nyiapin baju. Itu Masyaallah, sih. Ya Alhamdullilah, untung ada teman di sama, jadi ada yang ngurusin. Ada Irwan juga. Benar-benar enggak diniatin banget (untuk operasi)," tuturnya. 

Operasi berlangsung selama kurang-lebih empat jam. Zaskia pun saat itu dibius total dan berada dalam keadaan tak sadar sejak pagi hingga sore hari. 

Zaskia menjalani rawat inap di sana selama empat hari. Setelahnya, ia bahkan sempat lebih dulu menginap di hotel sebelum kembali ke Indonesia lantaran belum kuat untuk berdiri dan harus istirahat total. 

Nantinya, Zaskia tak perlu kembali ke rumah sakit yang sama untuk keperluan pengecekan. Ia hanya perlu bertandang ke rumah sakit di Jakarta untuk mengecek jahitan. 

"Bisa di sini (Jakarta), sih. Nanti paling harus cek jahitannya aja. Insya Allah, abis ini--karena hari ini Zaskia harus ke Medan, besok ada opening cake store lagi--jadi mungkin ke rumah sakit dulu untuk minta diperban atau diapain, pokoknya dikurangin deh (sakitnya), karena aku minum painkiller terus," tandasnya. 

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

126 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
toni caem 16 August 2019 | 09:08:56

wah opersai macam apa itu gw kok baru denger namamya ya

Jeremy Christy9 14 August 2019 | 10:59:40

Pasti sakitnya gak ketulungan jika mens

Evercoss Series 14 August 2019 | 08:06:17

oh begitu ceritanya Zaskia Sungkar usai jalani operasi endometriosis dan fibroid

Dias Adi putra 14 August 2019 | 07:24:52

semoga aja dia sehat selalu setelah operasi

camelia dina 14 August 2019 | 01:55:51

wah itu beneran apa cuma setingan sih kok bisa opersai

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top