home ×
Technology

Hati-hati, Jangan Asal Download Aplikasi ‘Abal-abalan’ FaceApp ini

23 July 2019 By
Hati-hati, Jangan Asal <i>Download</i> Aplikasi ‘Abal-abalan’ FaceApp ini
Uzone

(FaceApp Inc)

Uzone.id — Sebenarnya agak bingung sih, mentang-mentang viral aplikasi yang bisa ubah wajah pengguna jadi lebih tua, lalu orang-orang kompak pengin ‘buru-buru tua’. Ngapain, sih?

Saking buru-burunya penasaran pengin tahu seperti apa wajah sendiri serba keriput, banyak yang asal mengunduh aplikasi yang menawarkan filter seperti FaceApp.

FaceApp aja udah dianggap berbahaya, padahal sudah dirilis sejak 2017 oleh developer yang dinilai resmi dan berbasis di Rusia meskipun servernya berada di Amerika Serikat. FaceApp dipermasalahkan karena bagian Terms & Conditions yang dianggap menyesatkan pengguna dan bisa saja menyimpan dan menjual foto kita tanpa izin.

Baca: Dibilang Bisa Curi Foto Pengguna, Ini Bantahan Bos FaceApp

Tak bisa dipungkiri juga berbagai pengguna ingin mencoba aplikasi lain yang mirip seperti FaceApp dan mendadak aplikasinya berada di suggestion teratas di platform Google Play Store, entah karena ikut-ikutan tersorot berkat FaceApp atau telah banyak yang mengunduhnya. 

Namun, aplikasi ‘abal-abal’ tersebut memiliki kemungkinan yang membahayakan keamanan data kita karena asal-usulnya belum jelas, terlebih developer-nya.

Bahkan dari temuan perusahaan Kaspersky aja, aplikasi palsu FaceApp banyak yang dirancang untuk menipu pengguna agar berpikir itu adalah versi bersertifikat FaceApp, tapi justru menyusupi virus dengan iklan yang disebut MobiDash.

Mengutip berbagai sumber, berikut beberapa aplikasi tiruan FaceApp yang gak dianjurkan untuk diunduh.

1. Face App: Gender Changer

Dari namanya aja harusnya sih mencurigakan. Minimal, kita bisa menilai sendiri kalau aplikasi ini abal-abalan. Dirilis pada 13 Juni 2018, dan gak pernah memperbarui softwarenya sejak dia diluncurkan.

Kreatornya menulis di kolom deskripsi, “Face App: Gender Changer is a face editor that helps transforms to a woman or a man using our amazing beautify tools.”

Baca juga: Yuk, Jangan Cuek dengan Keamanan Data di Aplikasi Kayak FaceApp

Selain itu, aplikasi ini juga bisa mengubah wajah jadi lebih muda atau tua, serta mengolah foto sedemikian rupa agar tampil “lebih menarik, cantik, dan berbagai fitur menawan lain hanya dari genggaman.”

Ada beberapa ulasan mengenai aplikasi ini yang kebanyakan memang menghujat. Intinya, aplikasi ini dianggap gak penting dan gak disarankan diunduh, karena gak pernah tahu jika memang benar-benar memanfaatkan iklan muncul sebagai penyebar virus.

2. Oldify - Old Aging Booth App

Lagi-lagi, dari namanya kalian juga pasti sudah menebak kalau aplikasi ini bisa mengubah tampilan wajah jadi lebih tua. Selain di Play Store, aplikasi ini sempat ada Apple App Store.

Pada dasarnya, aplikasi ini dikembangkan oleh developer yang bukan abal-abal, yakni Apptly LLC, namun sayangnya Oldify gak mendapatkan update software sejak 2017. Bisa jadi aplikasi ini sudah lawas dan berisi banyak bug.

Belum lagi ada banyak ulasan pengguna yang mengatakan teknologi editing-nya malah bikin serem karena guratan, keriput, dan efek tua yang ditampilkan gak natural.

3. Fantastic Face

Ini tergolong aplikasi baru karena baru hadir pada Maret 2019 dan baru diperbarui pada Juli 2019. Sama-sama bisa mengubah wajah menjadi tua, namun ada tahapnya, mulai dari prediksi 20 tahun kemudian sampai 60 tahun ke depan. 

Aplikasi yang gak berbayar saat diunduh, namun melihat berbagai macam ulasan pengguna, banyak yang murka karena ternyata selama digunakan bakal disajikan iklan dan pengguna diarahkan harus menggunakan layanan premium dengan bayar per bulan. 

435 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
DimasHardstyle 09 October 2019 | 15:32:08

semoga tidak ada hal yang tidak mengenakan yaa haduhhh

Idriss Osd 29 September 2019 | 18:22:52

semoga tidak ada hal yang tidak di ingin kan ya kan

Syahrul Respect 15 September 2019 | 05:10:36

hp kita bisa2 kena virus ni

agustus tiga 06 September 2019 | 20:59:04

Hape kita jadi kena virus yak gaes. Waspada

10 agustus 04 September 2019 | 21:37:26

Hape kita jadi kena virus yak gaes. Waspada

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article